Rabu, 01 Desember 2010

EMAK PENGEN KE LUAR NEGRI 2

Singapore_Malaysia
Hari kedua di Sing. gue ama laki gw udh buka brosur, map, kira-kira akan kemanakah hari itu? Tujuan wisata untuk Sing emang banyak banget. Dan kita terus memilih naik MRT lebih cepat, lebih murah dan suasananya enaak banget. Kita selalu ke stasiun Aljunied, di kawasan Geylang 9 sedangkan hotel 81 kita di Geylang 16. Hari kedua keluar hotel sekita jam 10-an. Itu setelah sarapan sejenis pop mie (ini carinya jg serius banget, takut ada pork, n semua pake bhs cina. akhirnya ketemu label halal keluaran malaysia).
Yang pernah ke Sing pasti tau Geylang itu daerah apa. U know what?? pagi-pagi begitu disepanjang jalan depan toko-toko cewek-cewek Cina pake baju ketat dan setali udah nangkring. gue yang berjilbab si asik-asik aja selama nggak rese. N mereka juga cuek aja tuh liat gw lewat sedangkan lq gue cuma cengar-cengir.
Jalan dari hotel ke MRT sekitar lima menitanlah, kalau di Jakarta jauh, tapi karna ini di Sing, buat gw pemandangan baru, nggak adapolusi dan kalo nyebrang jalan tertib, asik-asik aja. Sangat menikmati. Sampai di Aljunied, kita beli kartu lagi yg mnggunakan mesin,. Di kantong msh ada 2 kartu sisa kemarin nikita bingung mau diapain ni kartu (hehehe). akhirnya  tujuan pertama ke Merlion turun di Marina Bay. Ternyata kita turun kejauhan hrsnya turun di Rafless yg lebih dekat. jalan, foto menikmati tempat itu yng sepi dan banyak mobil sedan yang mahal, hingga akhirnya sampailah kita di ikon Sing, Merlion.
ternyata sodara-sodara bnyak org Indonesia, org India, yg ikutan foto. weleh....setelah jepret sana jepret sini, tiba-tiba mendung dan kita berteduh dibawah jembatan deket Merlion di depan Starbuck. Banyak juga org yang berteduh di sana. lg enak-enak duduk, ada mahasiswi yg m inta ikut ikut quesioner soal pariwisata di Sing utk tugas kuliahnya. apa adanyalaahh...
Setelah hujan reda, kita berjalan kaki ke Singpre Flyer. Awalnya gue nolak, karena dr jauh mirip sama di Dufan. Tinggi, serem, takut jatuh, tp ketika melihat di brosur kalau Bianglala itu pake tabung tertutup aman, akhirnya kita kesana. Sambil berjlan-jalan, mampir ke taman Raffles yng buat gue kereeennnn. mirip kayak di PS Baru, ada kali, kanan kiri perkantoran, sebelah kiri ada taman dan museum. pohon besar, ada restauran Indochine. Seandainya PS Baru dibikin kayak gitu asik banget utk tempat mencari inspirasi menulis. aman, gk ada begger, gak ada sampah sembarangan...
setelah itu kita menyusuri taman Esplanada (bener gk spellnya).perut udah keroncongan, org jualan makanan dipinggir jalan kosong melompong (emang jakarta, dimana2 ada warteg), trs kita ketemu org jualan es krim walls pake roti tawar. secara gw suka es krim, hadduhhh jd salah satu favorit gue. cuma 1 dolar bo! and es krimnya tuebeel banget. and yg gw suka mereka melayani pembeli pake sarung tangan plastik jd sedikitpun itu makanan gk tersentuh kulit dia. Sip!! menikmati danau di taman esplanada yg dekat merlion dan rafles, kita akhirnya sampai di Sing Flyer. ternyata balapan F1 di sana dan masih ada bekas-bekasnya. karena wekend bnyk org yang ke Singflyer, dan kita di untungkan dengan brosur dan terselip diskon 15 persen. Maklum, backpaker semua pengeluaran hrs gw perhitungkan matang secara kartu kredit lupa gw aktifin..huh..
di Singflyer kita bs mlihat keindahan Sing yg bersih dr atas. Jujur buat gw biasa aja, bayarnya lumayan mahal lg. Perorang 50 dolar..ayo kali 7000 berapa?? (hehehe dasar emank2, biasa jd menteri keuangan di rumah).
setelah puas, kita ke Bugis Street naik bis. temen gw recomend bgt tempat ini sebagai tmpt belanja murah. dan ini pertama kali naek bis di Sing. Itu pun gw masih takjub (gw org kmpung bgt yak). sepi, gk rebutan dan membayar kebanyakan pakai kartu. Cuma ditempel dan sopir akan ketahuan berapa sisa pulsa dikartu itu. Pas turun pun mereka juga mengecek kartu dgn cara menempelkannya. Semuanya serba sistemats, praktis dan yg pasti nggak ada tuh penumpang yg culas yg naek bis pura-pura udh bayar pdhal nggak. 
Ketika sampai di Bugis memang rame, dan gw suka bnget tempat kayak begitu. Bukan mal dan tersebar barang m urah. Yg menarik Hampir semua toko di Sing sdh ditempel harga jd pembeli dari jauh sdh bisa melihat harganya berapa.Sebelum memutuskan belanja perut msh keroncongan kita mencari tempat makan. Gw hampir hopeless ketika melihat smua tempat isinya org cina, makanan berbahasa Cina dan gk ada satupun yg berjilbab (itu patokan gw cr tmpt makan) dan muka org asia. Ternyata di tempat paling belakang satu ruang itu khusus makanan muslim. ALhamdulillah....ketemu mereka pake bhs indonesia ajah, gk perlu repot-repot cas cis cus.
Waktu sudah masuk asar dan kita belom solat. Teman yg udah pernah ke sana recomen kita mengunjugi mesjid Sultan dekat Arab Street. kita berjalan dan bertanya lagi lokasinya. Ternyata di sana kawasan muslim. gue suka banget sama lokasinya, mesjidnya bersih, terkendali, di belakangnya banyak toko menjual barang2 muslim, jilbab, bj muslim, dll. Gue melihat bahan yg dijual gk jauh sama di ps baru, malah bagusan di tanah abang, lebih murah lagi. Setelah solat dijamak, kita  mengunjungi Bugis Juction. Ini mal tapi ramai, apalagi pas dtg malam minggu. Karena seharian jalan, kita ngejogrok di depan mal dan pinggi jalan sambil melihat peta. Hingga akhirnya kita memutuskan balik ke hotel naik bis ajah. karena utk naek MRT agak jauhan. Di tiap halte itu selalu ada petunjuk untuk lokasi dan nomor bis tempat tujuan. Untuk meyakinkan diri kita bertanya kepada sepasang muda mudi apakah benar bis no 2 jurusan geylang dari sini ato dari sebrang??keduanya kompak menjawa" from here".
Wookeh dweehhh. Bis no 2 itu tingkat, karena gue norak dari kampung jd memilih duduk di atas sambil melihat pemandangan Sing di malam hari. Penumpang saat itu cuma ada tiga pasang sama gue. Setelah lama duduk dan penumpang turun satu persatu kita ikutan turun. ternyata dibawah sudah sepi dan hanya kita berdua. Kita pun juga nggak mengenali lokasi, eh si supir pake nanya sambi nyengir. "Mau turun di mana?" (pake bhs inggris cepet khas org cina gimana Sih). KIta bilang mau turun di geylang, dia bilang kita salah rute, harusnya dari sebrang. Huh, gimana sih itu yg kasih petunjuk. Apa dia gk ngerti bhs inggris gw yg ancur yak??hehehe.
Malam itu sdh pukul 9 lebih dikit waktu Sing. Di waktu malam dan siang Sing gk jauh berbeda, sepi, aman, bersih dan gw merasa nyaman aja meski di  negri orang. Sesampai di hotel kita langsung tertidur karena leetiihh...Gubraakks....
Tobe Continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar